DATA PENGUNJUNG

Website counter

PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PROFESIONALISME GURU

A. UNDANG - UNDANG SISDIKNAS PASAL 42
(1) Pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan
mengajar, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan
pendidikan nasional.
(2) Pendidik untuk pendidikan formal pada jenjang pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidika
menengah, dan pendidikan tinggi dihasilkan oleh perguruan tinggi yang terakreditasi.
(3) Ketentuan mengenai kualifikasi pendidik sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2)
diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
baca selanjutnya...



PGRI (PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang lahir pada tanggal 25 November 1945, dengan keuletan, kekompakan, kejuangan dan perjuangannya serta anggota sebanyak 1,5 juta orang telah membuktikan dan menempatkan PGRI sebagai organisasi guru dan tenaga kependidikan lainnya yang terbesar di Indonesia, dan tetap eksis hingga sekarang. Di samping itu, PGRI juga merupakan bagian dari organisasi guru dunia terbesar dengan 25 juta anggota. Hal tersebut karena PGRI merupakan wadah bagi guru yang telah membuktikan perannya secara dinamis, prospektif dan mampu menjawab tantangan masa depan. Baca selanjutnya... Situs Web PGRI Tingkat Pusat
APA ITU PROFESIONAL
Menjadi profesional, berarti menjadi ahli dalam bidangnya. Dan seorang ahli, tentunya berkualitas dalam melaksanakan pekerjaannya. Akan tetapi tidak semua Ahli dapat menjadi berkualitas. Karena menjadi berkualitas bukan hanya persoalan ahli, tetapi juga menyangkut persoalan integritas dan personaliti

baca selanjutnya....


Hasrat Untuk Berubah
Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal
Aku bermimpi ingin mengubah dunia
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku
Kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah.

Maka cita - cita itu pun agak kupersempit,
Lalu kuputuskan hanya untuk mengubah negeriku.
Namun, tampaknya hasrat itu pun tiada hasil.

Tatkala usiaku makin senja,
dengan semangatku yang masih tersisa,
kuputuskan untuk mengubah keluargaku,
orang - orang yang paling dekat denganku.
sayangnya, mereka pun tak mau diubah.

Kini, sementara aku berbaring menunggu ajal menjelang,
Tiba - tiba kusadari :
Andaikan yang pertama - tama kuubah adalah diriku,
Maka dengan menjadikan diriku sebagai teladan,
Mungkin aku bisa mengubah keluargaku.
Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,
Bisa jadi aku pun bisa memperbaiki negeriku.
Kemudian siapa tahu, aku bahkan bisa mengubah dunia.

*Tulisan di sebuah makam di Westminster Abbey, Inggris, 1100 Masehi.
Dikutip dari buku Manajemen Kecerdasan:Memberdayakan IQ, EQ, dan SQ Untuk Kesuksesan Hidup, yang ditulis oleh Taufik Pasiak dengan Penerbit Mizan


KING SPEECH : DARI GAGAP MENUJU ORATOR HEBAT Pernahkah Anda kesulitan bicara di hadapan sebuah massa? Ketika Anda sudah berada di depan podium? Suara Anda tidak keluar desertai keringat dingin dan rasa berdebar - debar? Film Kings Speech menceritakan tentang Prince Albert (Colin Firth) yang tak pernah berharap menjadi raja Inggris. Ia tahu benar keterbatasan yang ia miliki. Tak mungkin ia memimpin sebuah negara sebesar Inggris sementara berbicara di depan umum saja sudah jadi perjuangan berat buatnya. Celakanya takdir berkata lain dan Albert harus segera naik tahta. Sepeninggal Raja George V (Michael Gambon), Prince Edward (Guy Pearce) yang seharusnya naik tahta namun karena Edward lebih memilih melepas tahta dan menikahi Wallis Simpson (Eve Best), tak ada pilihan lain buat Albert selain mengambil alih tampuk kekuasaan. Albert tahu kalau ini bukan urusan mudah, apalagi Perang Dunia II sudah di depan pintu. Ia harus mampu mengatasi kekurangannya. Baca selangkapnya tentang Kings Speech di Wikipedia.

Jumat, 15 Juli 2011

Belajar Gratis Di Universitas Luar Negeri Kelas Dunia Tanpa Harus ke Luar Negeri



Maksud saya Belajar Gratis Di Universitas Luar Negeri Kelas Dunia Tanpa Harus ke Luar Negeri adalah dengan memanfaatkan open courseware (OCW) yang disediakan oleh universitas luar negeri.
Open Courseware (OCW) adalah publikasi digital yang bebas dan terbuka dari bahan berkualitas tinggi pendidikan tingkat universitas, sering termasuk silabus, catatan kuliah, tugas dan ujian.
Konten pendidikan terbuka merupakan sebuah konsep yang akan memajukan pengetahuan manusia, kreativitas, belajar seumur hidup, dan kesejahteraan sosial pendidik, mahasiswa, dan pelajar di seluruh dunia. Tetapi perlu diingat bahwa sebagian besar konten masih dalam bahasa inggris sehingga kita harus mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik, meskipun begitu kita dapat menerjemahkan bahasa asing dengan bantuan google translate (translate.google.com).

Bila Anda ingin memperluas pengetahuan Anda ke dalam wilayah ilmiah tertentu atau Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda dalam sastra? Arkeologi? Teknologi? Atau mungkin Fisika? Tidak masalah! Tunggu apa lagi?
Universitas-universitas top dunia menawarkan kursus online berkualitas tinggi. Anda menyadari bahwa itu penting tetapi Anda tidak punya uang? Tinggal mengakses internet di rumah sudah cukup, kalau tidak ada fasilitas internet rumah, warnet juga bisa.
Ingin cerdas kok mahal!

Dalam daftar berikut ini Anda dapat menemukan beberapa program gratis terbaik universitas online yang akan membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan atau pengetahuan Anda.

1. Massachusetts Institute of Technology(MIT), http://ocw.mit.edu/index.htm
MIT memiliki salah satu program terbaik ware terbuka, yang menawarkan 1.800 program dalam arsitektur dan perencanaan, teknik, ilmu kesehatan dan teknologi, humaniora, seni dan ilmu sosial, manajemen dan ilmu pengetahuan, pendaftaran tidak diperlukan. Ware Terbuka Program benar-benar bebas, meskipun Anda dapat membuat donasi jika Anda bersedia. Pilih program studi yang Anda tertarik dan memulai segera! sesederhana itu! Setelah Anda memilih program studi Anda, Anda dapat men-download materi kuliah, membaca ringkasan saja, menyoroti dan silabus juga kuliah yang diberikan di universitas, bibliografi dan tugas. Di beberapa program studi juga terdapat video kuliah. Berdasarkan pengalaman saya mengakses MIT OCW, MIT saya rasa sangat bagus dan lengkap dalam bidang teknologi informasi .




2. The Open University of London (http://openlearn.open.ac.uk/)
The Open University of London adalah salah satu lembaga yang paling terhormat di Inggris. Ruang belajarnya adalah salah satu yang terbaik dimana Anda dapat menemukannya secara online. Ada berbagai cara kursus untuk dipilih dan bahan-bahan untuk dicari. Pendaftaran sepenuhnya gratis, tidak membuat persyaratan masa depan Anda, tetapi memberikan Anda kesempatan untuk menggunakan alat-alat belajar dari situs dan akses bebas dan tidak terbatas kepada masyarakat. Akses ke komunitas dapat membantu Anda untuk bertemu orang-orang dengan minat yang sama dalam pendidikan pembelajaran terbuka dan memberikan dukungan yang Anda mungkin perlu karena Anda tidak memiliki seorang tutor dalam program belajar gratis. Dalam terbuka bersandar Anda dapat menemukan topik seperti seni dan sejarah, bisnis dan manajemen, pendidikan, kesehatan dan gaya hidup, TI dan komputasi, Hukum, Matematika dan Statistik, Bahasa Modern, Ilmu dan Alam, Masyarakat, Studi Keterampilan, Teknologi. Setiap topik memiliki forum sendiri untuk diskusi. Berdasarkan pengalaman saya mengakses web ini, Open University of London adalah open courseware yang paling mudah ketika akan mendownload materi kursus.

3. Carnegie Mellon University, http://www.cmu.edu/oli
Kursus terbuka dari Carnegie Mellon University disebut Open Learning Initiative (OLI). Menggunakan sistem les cerdas, laboratorium virtual, simulasi, dan kesempatan sering untuk penilaian dan umpan balik, OLI membangun program yang dimaksudkan untuk memberlakukan instruksi – atau, lebih tepatnya, untuk memberlakukan jenis instruksi yang dinamis, fleksibel, dan responsif yang menumbuhkan belajar. OLI menawarkan berbagai kursus di topik seperti biologi, kimia, logika rekayasa, dan bukti, desain komunikasi visual dan banyak lagi. Menurut saya opencourse yang ditawarkan Carnegie Mellon University sangat interaktif.

4. Tufts University, http://ocw.tufts.edu
Kursus yang dikategorikan oleh Sekolah dan yang ditawarkan ini dalam bidang seperti obat gigi, kedokteran, gizi, ilmu pengetahuan dan seni. Tufts Open Ware Program benar-benar gratis, tidak memerlukan pendaftaran apapun, dan menerbitkan materi pelajaran. Melalui program ini Anda tidak dapat memperoleh sertifikasi, diploma atau gelar dan Anda tidak disediakan akses apapun ke fakultas dari universitas, namun umpan balik bersama.

5. Stanford, http://see.stanford.edu
Stanford University, adalah salah satu Universitas paling terkemuka tidak hanya di Amerika Serikat tetapi juga terkenal di seluruh dunia Program kuliah Online di Stanford university ini Meliputi pelajaran mengenai dasar-dasar computer science seperti programming methodolgiy,programming abstractions,programming paradigms,serta pengenalan terhadap robotics,artificial intelligence,dan linear systems and opyimisation,courses tersebut dapat anda pelajari dan kuasai sebagai bagian dari program baru mereka yang bertajuk Stanford Engineering Everywhere(SEE). Dengan memanfaatkan fasilitas ini para siswa,mahasiswa dan pengajar yang berada diseluruh dunia pun dapat mengunduh berbagai materi kuliah,video kuliah ,pekerjaan rumah ,hingga bahan ujian-yang hampir sama persis dengan yang diterima oleh mahasiswa Stanford.

6. University of California, Berkeley http://webcast.berkeley.edu/courses.php
University of California, Berkley adalah salah satu universitas terbaik di Amerika. Anda dapat menemukan berbagai program yang berbeda dalam webcast. Ketika kita menonton video pembelajaran kuliah di web ini, kita akan seolah – olah sedang bersama mahasiswa mengikuti kuliah dengan para professor terbaik di dunia di ruang yang sama. Topik yang tercakup dalam program pembelajaran seperti biologi, hukum, kimia dan fisika.

7. Utah State University, http://usu.edu
Juga salah satu program pembelajaran bebas dari Universitas Utah. Open Course Ware memberikan kesempatan kepada orang-orang dari seluruh dunia untuk mengakses materi kursus dari kampus formal kuliah. Antropologi, biologi, ekonomi, lingkungan, pembangunan manusia dan sejarah hanya beberapa topik tentang apa yang dapat Anda temukan di website. Kursus ini ditawarkan hanya dalam teks, tetapi Anda harus dapat men-download dalam file zip.

8. Kutztown University of Pennsylvania
http://www.kutztownsbdc.org/course_listing.asp
Dalam website ini Anda dapat menemukan salah satu koleksi program bisnis terbesar dengan lebih dari 90 program studi gratis yang tersedia,. Topik yang termasuk dalam program bebas seperti akuntansi, manajemen, perencanaan bisnis, keuangan, manajemen bisnis internasional, pajak usaha kecil dan banyak lagi. Semua program dapat diakses sesuai dengan kecepatan belajar Anda sendiri.

9. University of South Queensland, http://webapp.usq.edu.au/progsearch/default.aspx
University of South Queensland di Australia, menawarkan program lain secara terbuka, yang menyediakan akses gratis ke mahasiswa, anggota fakultas dan pelajar semua di seluruh dunia. USQ awalnya menawarkan program studi sampel dari masing-masing dari lima fakultas dan juga program dari perusahaan Tertiary Preparation Program.

10. University of California, Irvine http://ocw.uci.edu
University of California menawarkan open ware program juga. Sebenarnya, program ini menjadi anggota konsorsium open ware terbuka belum lama. Itulah mengapa kursus yang terdaftar di website ini masih sedikit, tetapi tumbuh setiap hari. Kursus mencakup topik seperti perencanaan keuangan dan sumber daya manusia. Anda dapat menemukan bahan-bahan kursus seperti engineering, hukum, fisika, pendidikan, seni dll.




11. Universitas Yale, http://oyc.yale.edu
Yale open course menyediakan kursus tentang fisika, biologi, kimia, filsafat dll yang dikemas dalam bentuk video, audio, serta teks. Untuk mengakses kursus di Yale tidak diperlukan registrasi.

12. Johns Hopkins (JHSPH OCW), http://ocw.jhsph.edu
John Hopkins Bloomberg School of Public Health's OPENCOURSEWARE menyediakan isi berupa masalah kesehatan meliputi pembahasan nutrisi, kesehatan remaja, kesehatan mental dll


Tentang website di atas, pada awalnya saya temukan dari referensi berikut ini
http://micatips.wordpress.com/2009/04/01/universities-with-the-best-free-online-courses/
http://www.resep.web.id/pendidikan/10-universitas-internasional-yang-menyediakan-kursus-dan-kuliah-ilmu-pasti-kimia-biologi-astronomi-fisika-anthropologi-dsb.htm

1 komentar:

  1. JCMH, KUH, LISV, LISV, CASINO - JDMhub.com
    JCMH, KUH, LISV, CASINO - JDMhub.com. The Latest 전라남도 출장마사지 Results. Find Official Site - JCMH, 전주 출장안마 KUH, 나주 출장안마 LISV, LISV, LISV, 목포 출장샵 LISV, LISV, LISV. 전라북도 출장안마

    BalasHapus